Beberapa jenis asuransi yang bisa menjadi alternatif bagi para entrepreneurship muda untuk mengantisipasi beberapa risiko bisnis di bawah ini.

Berbagai risiko di atas bisa Anda hadapi dengan memiliki asuransi bisnis. Banyak manfaat yang akan Anda rasakan ketika menjadi pemegang polis asuransi bisnis. Ini dia penjelasan tentang berbagai manfaat asuransi bisnis :

  • Mengatasi risiko bangkrut
  • Perlindungan aset perusahaan
  • Perlindungan distribusi
  • Membuat pengusaha lebih berani
  • Menciptakan bisnis yang kokoh

√ Memindahkan risiko kredit macet dengan
membeli asuransi kredit, sehingga pengusaha UMKM dapat memperkecil risiko akibat kredit macet.

√ Membeli life insurance selama periode kredit berjalan, sehingga apabila peminjam meninggal dunia, maka asuransi akan membayar sisa kredit kepada bank atau leasing.

√ Mengasuransikan aset yang dijadikan agunan kepada bank/leasing untuk mengantisipasi kerugian akibat terbakar, gempa bumi, banjir, dan lain-lain.

√ Membeli asuransi personal accident untuk memberikan santunan kepada ahli waris jika pemegang polis meninggal dunia akibat kecelakaan.

√ Memberikan perlidungan terhadap toko, gerai, rumah tinggal yang dijadikan tempat usaha dengan membeli produk asuransi kebakaran.

√ Membeli produk asuransi kendaraan bermotor untuk melindungi alat transportasi yang digunakan sebagai modal kerja sehingga terhindar dari risiko kecelakan, hilang, dan lain-lain. 

√ Memindahkan sebagian risiko berarti para pengusaha muda atau pebisnis UMKM akan mendapatkan perlindungan dan proteksi asuransi yang dapat memberikan kenyamanan, ketenangan, dan keamanan dalam menjalankan usahanya.

Pastinya usaha yang Anda bangun dari titik nol merupakan harta yang berharga dalam hidup Anda. Sulit dibayangkan bukan? jika risiko kebakaran, banjir, gempa bumi pencurian atau risiko lainnya terjadi.
Dan Asuransi UKM untuk bisnis Anda pasti akan sangat bermanfaat untuk mengantisipasi resiko-risiko tersebut agar tidak akan mengganggu jalannya usaha Anda

Para pebisnis pemula dan pengusaha UMKM diharapkan dapat segera melakukan recovery dan mampu bangkit kembali menata usahanya ketika risiko bisnis datang secara tiba tiba dan tak terduga karena kegiatan usahanya telah dicover oleh asuransi.

Melalui mekanisme transfer of risk kepada perusahaaan asuransi, maka akan ada jaminan bahwa para pebisnis pemula dan pengusaha UMKM tidak akan mengalami kerugian secara total, yang dalam istilah asuransi sering disebut dengan total loss.

Nah itulah beberapa manffat yang bisa Kita dapatkan dari asuransi bisnis .

Jenis asuransi bisnis

Sama seperti asuransi kesehatan, asuransi jiwa dan lainnya yang dibagi ke dalam beberapa jenis produk berbeda, asuransi untuk keperluan bisnis pun demikian, setidaknya ada empat jenis asuransi bisnis yang ditawarkan oleh berbagai perusahaan asuransi dengan menawarkan manfaat yang berbeda-beda pula. Berikut adalah pembahasan selengkapnya.

1. Asuransi properti

Asuransi properti adalah produk perlindungan yang memberikan pertanggungan terhadap properti seperti rumah tempat tinggal, apartemen, ruko, hingga bangunan tempat usaha dari berbagai risiko kerusakan, pencurian dan kebakaran.

Jenis asuransi satu ini juga umumnya mencakup perlindungan terhadap peralatan, perabotan, papan nama, dan barang-barang inventaris.
Hanya saja, asuransi properti tidak memberikan pertanggungan kerugian yang disebabkan oleh bencana alam seperti banjir dan gempa bumi.

2.Asuransi tanggung jawab hukum

Asuransi tanggung jawab hukum adalah suatu pertanggungan di mana penanggung akan membayar ganti rugi sejumlah nilai, karena tertanggung secara hukum wajib membayar kerugian keuangan yang diderita seseorang (pihak ketiga) akibat adanya kelalaian yang dilakukan oleh tertanggun

Salah satu cintoh jika ternyata logo bisnis anda dinilai mirip dengan perusahaan kompetitor yang sudah lebih dulu hadir, sehingga Anda akan mendapat klaim dan sanksi pidana berupa denda.

Maka, dengan adanya asuransi tanggung jawab hukum ini, Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membayar denda tersebut karena pihak asuransi yang akan menanggungnya.

Jenis asuransi ini tentunya sangatlah penting untuk melindungi bisnis Anda dari risiko kerugian finansial akibat adanya tuntutan hukum dari pihak ketiga.

3. Asuransi kompensasi pekerja

Asuransi kompensasi pekerja adalah jenis asuransi bisnis yang akan memberikan penggantian gaji dan tunjangan medis untuk pegawai yang mengalami kecelakaan saat sedang menjalankan tugas kerja.

Jenis asuransi ini nantinya akan memberikan perlindungan kepada karyawan yang mencakup tunjangan perawatan medis, kecacatan dan juga kematian.

Dengan begitu, perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya untuk memberikan kompensasi kepada pekerja yang mungkin berpotensi dapat mengganggu cash flow perusahaan.

4. Asuransi gangguan usaha

Asuransi gangguan usaha adalah jenis produk asuransi yang akan memberikan jaminan kerugian atas hilangnya keuntungan atau pendapatan yang mungkin akan diperoleh, sebagai akibat musibah kebakaran, bencana alam, dan lain-lain yang dialami oleh perusahaan.

Jadi, ketika bisnis yan Anda jalankan tiba-tiba terhambat kegiatan operasionalnya karena sedang tertimpa suatu bencana seperti kebakaran hingga nilai menyebabkan hilangnya pendapatan selama waktu tertentu, maka asuransi gangguan usaha akan memberikan Anda kompensasi atas gangguan bisnis tersebut.

Baca Juga : Jenis Peluang usaha yang nyaris tidak Ada Matinya

Demikian penjelasan tentang pengertian Asuransi UMK, Manfaat dan Jenis jenis Asuransi Bisnis, yang semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.