12 Hal yang perlu kita persiapkan untuk menyambut bulan ramadhan selain Iman islam

12 Hal yang perlu kita persiapkan untuk menyambut bulan ramadhan selain Iman islam. Apa Saja Persiapan dan bekal untuk Menyambut Bulan Puasa?
Ini hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk menyambut bulan suci Ramadhan apa saja?

15 Hari menjelang Ramadhan 2022 yang ingsya Allah jatuh pada awal April 2022 memerlukan persiapan dini agar bisa menjalani segala aktivitas pada bulan Ramadhan dengan khusu dan mendapatkan keberkahan Ramadan.
Ramadhan merupakan bulan yang mulia bagi umat Islam. Di dalamnya penuh keberkahan dan menjadi waktu panen raya segala kebaikan dengan berbagai bentuk peribadatan.

Pada Bulan ini setiap Muslim akan dilatih untuk bisa mngendalikan hawa nafsunya, melatih kesabarannya agar mampu memetik berbagai keutamaan Ramadhan dan memperoleh ridlo Allah SWT sehingga bisa kembali fitrah.

Diantara begitu banyaknya keutamaan Bulan ramadhan yaitu dilipatgandakannya pahala sampai seribu kalilipat dalam berbagai hal kebaikan dan ibadah yang dikerjakan setiap muslim pada bulan ini.
termasuk ibadah puasa, shalat, bentuk peribadatan lainya dan segala hal amalan kebaikan lainya.

Pada 10 hari terakhir Ramadan juga terdapat malam qadar (lailatul qadar) yang ketika beribadah di waktu tersebut bisa memperoleh kebaikan setara mengerjakannya selama 1000 bulan.

Baca : Amalan khusus 10 Hari terahir di bulan Ramadhan

Hal apa yang harus Dipersiapkan untuk Menyambut Bulan Ramadhan?
Yah, Keagungan dan keutamaan bulan Ramadan sebaiknya kita sambut dengan penuh suka cita, menyiapkan diri sebaik mungkin  dan beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai persiapan menyambut Ramadan.

Marhaban ya sahru Ramadhan

12 Hal yang perlu kita persiapkan untu menyambut bulan ramadhan selain Iman islam

1. Membekali diri dengan ilmu.

Seperti yang kita ketahu kewajiban menuntut ilmu adalah mulai dari ayunan hingga ke liang lahat ( minal mahdi ilalahdi)
Karena emiliki ilmu sebelum beramal sangat penting karena tanpa adanya ilmu maka peribadatan akan sia-sia.
Oleh sebab itu, pelajari berbagai hal mengenai seluk beluk Ramadan sehingga bisa menjalaninya dengan berbagai ibadah yang benar dan sesuai tuntutan dari Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.

2. Bersuka cita dan Bergembira

Sebagai umat Muslim tentunya kita tahu betapa menggembirakanya kabar yang di bawa bulan Ramadhan yang akan segera tiba.
Dari itu Bersuka cita dalam menyambut bulan ramadhan adalah salah satu cara yang di anjurkan.

Dalam Kitab Duratunnasihin terdapat sebuah hadits yang menerangkan :

ﻣَﻦْ ﻓَﺮِﺡَ ﺑِﺪُﺧُﻮﻝِ ﺭَﻣَﻀَﺎﻥَ ﺣَﺮَّﻡَ ﺍﻟﻠﻪُ ﺟَﺴَﺪَﻩُ ﻋَﻠﻰَ ﺍﻟﻨِّﻴْﺮَﺍﻥِ

“Barangsiapa bergembira dengan masuknya bulan Ramadhan, maka Allah akan mengharamkan jasadnya masuk neraka. (kitab Durratun-Nasihin)

Allah berfirman,

ﻗُﻞْ ﺑِﻔَﻀْﻞِ ﺍﻟﻠّﻪِ ﻭَﺑِﺮَﺣْﻤَﺘِﻪِ ﻓَﺒِﺬَﻟِﻚَ ﻓَﻠْﻴَﻔْﺮَﺣُﻮﺍْ ﻫُﻮَ ﺧَﻴْﺮٌ ﻣِّﻤَّﺎ ﻳَﺠْﻤَﻌُﻮﻥَ

“Katakanlah : ‘Dengan kurnia Allah dan rahmatNya, hendaklah dengan itu mereka bergembira. Kurnia Allah dan rahmat-Nya itu adalah lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan” (QS. Yunus  58).
Bergembira dengan fatangnya Bulan Ramadhan juga salah satu pertanda keimanan seseorang.

3 Berusaha sekuat hati untuk menjauhi perbuatan maksiat.

Ramadhan adalah bulan dimana umat Islam memanen pahala, langkah yang harus dipersipakan untuk menyambutnya adalah dengan menjauhkan diri dari maksiat, dengan itu kita akan dipermudah  dalam menjalankan ibadah di bulan Ramadan lebih khusyuk. Selain berusaha untuk menjauhi maksiat, latihlah diri kita untuk membiasakan untuk menjalankan amalan sunnah.

4. Siapkan fisik dengan menjaga kesehatan

Puasa Ramadan yang kita jalankan satu bulan penuh pasti membutuhkan kondisi kesehatan fisik yang baik, berpuasa dengan segala aktivitas yang melingkupinya memerlukan fisik yang kuat.
karena dalam bulanbramadhan setiap muslim mesti bangun dini hari untuk menjalanka ibadah sahur lalu menjalani siang hari dengan lapar dan dahaga.
Malamnya, dituntunkan pula menjalankan ibadah shalat tarawih sehingga aktivitas saat Ramadhan perlu menjaga fisik agar tetap prima.
namun jangan khawatir sebab Allah SWT pastinya menjaga setiap Umat-Nya yang sedang berbuat baik.

5. Persiapkan bekal harta.

Ramadan adalah bulan kedermawanan.
Nabi Muhammad memberi teladan dengan memperbanyak amalan sedekah di bulan Ramadan.
Pahala yang bisa diterima pun akan dilipat gandakan oleh Allah.
Selain untuk meperbanyak sedekah tentunya dengan mempersiapkan Harta yang cukup untuk mengarungi bulan ramadhan, hal ini akan menambah kehusyuan kita dalam beribadah.

6. Menyiapkan target ibadah selama Ramadan.

Target ini membantu menyemangati diri untuk selalu mengerjakan kebaikan saat Ramadan. Contohnya yaitu menetapkan target bacaan Al-Qur’an hingga beberapa khataman, menyelesaikan salat tarawih sebulan penuh, target sedekah, dan sholat berjamaah secara continue.

7. Jika memiliki utang puasa Ramadan, segera melakukan qada’.

Membayar utang puasa (fidyah)  harus secepatnya diganti sebelum datangnya Ramadan berikut, hal itu bertujuan agar seorang muslim tidak akan merasa terbebani.

8. Melatih diri dengan memperbanyak puasa sunah.

Sebagai persiapan menyambut Ramadhan,
Memperbanyak puasa sunah sebelum Ramadan tiba akan membuat fisik jauh lebih siap.
Seprti di terangkan dalam sebuah hadits ; Rasulullah memperbanyak puasa di bulan Sya’ban. ‘Aisyah radhiallahu ‘anhu berkata,

وَلَمْ أَرَهُ صَائِمًا مِنْ شَهْرٍ قَطُّ أَكْثَرَ مِنْ صِيَامِهِ مِنْ شَعْبَانَ كَانَ يَصُومُ شَعْبَانَ كُلَّهُ كَانَ يَصُومُ شَعْبَانَ إِلاَّ قَلِيلاً

“Saya sama sekali belum pernah melihat rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berpuasa dalam satu bulan sebanyak puasa yang beliau lakukan di bulan Sya’ban, di dalamnya beliau berpuasa sebulan penuh.” Dalam riwayat lain, “Beliau berpuasa di bulan Sya’ban, kecuali sedikit hari.”

9. Memperbanyak tilawah / Membaca Alqur’an

Ramadhan adalah bulan dimana diturunkanya Alqur’an, sudah sepantasnyalah kita sebagai umat Islam untuk Memperbanyak membaca Al-Qur’an, Dengan memperbanyak bertilawa akan membantu meningkatkan semangat untuk mengkhatamkan Al-Qur’an saat Ramadan.

Baca : Hikmah Nuzulul Qur’an

10. Bersih – Bersih Lingkungan

Sebagaimna yang kita tahu jika kebersihan adalah sebagian dari Iman, untuk menyambut datangnya bulan ramadhan salah satu yang harus kita lakukan adalah Bersih – bersih lingkungan, mulai dari Rumah, jalan, dan Masjid serta mushala.
Jika lingkungan bersih pastinya akan menambah kenyamanan dalam beribadah di bulan ramadhan.

10 Persiapan Jiwa dan Mental

Sambutlah bulan Ramadan dengan jiwa yang bersih dan rasa ketulusan hati. Alangkah lebih baik jika kamu bertaubat dengan semua kesalahan yang pernah kamu lakukan agar semua ibadah puasa lebih khusyuk dan fokus.

Selain itu mental kamu juga harus dipersiapkan karena pada bulan ini kita akan beribadah puasa dan lainnya dengan optimal selama sebulan penuh.
Jiwa dan mental kita harus dipersiapkan dengan penuh keimanan dan ketulusan hati atau ikhlas dalam beribadah.
Dengan demikian, maka kesulitan dan sikap malas dalam ibadah bisa diatasi dan dihilangkan Ibadah pun menjadi terasa mudah dan menyenangkan.

11. Perbanyak Istighfar.

Memperbanyak istighfar di anjurkan pada bulan menjelang ramadhan yaitu pada bulan sya’ban.

وَتُوبُوا إِلَى اللَّهِ جَمِيعًا أَيُّهَا الْمُؤْمِنُونَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ (٣١)

“Bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, Hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.” (An Nuur: 31).

Selain memperbanyak istighfar saat kita memasuki bulan Ramadhan di anjurkan untuk membaca doa yang Sering di baca Nabi SAW, adapun bacaan Doa menjelang Ramadhan bisa baca di Sini.

12. Saling bermaafan

Bermaaf mafan memang sudah menjadi tradisi saat lebaran, namun menjelang ramadahan tiba kita di anjurkan untuk saling meminta maaf terhadap sesama, hali ini bertujuan agar saat mnjalankan ibadah di bulan ramadhan kita dalam keadaaan tampa rasa benci atau kesalahan yang dapat menimbulkan kurangnya kehusyuan beribadah.

Sahabat bacamedi.com sekalaian, itulah tadi 12 Hal yang perlu kita persiapkan untuk menyambut bulan ramadhan selain Iman islam, semoga bermanfaat dan semoga kita dapat menjalankan berbagai macam ibadah di bulan yang penuh keberkahan ini, sehingga kita dapat memperoleh ridlo Allah SWT.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.