9 Cara Optimasi Website WordPress Bisnis Agar memiliki performa yang Baik dan cepat

9 Cara Optimasi Website WordPress Bisnis Agar memiliki performa yang Baik dan cepat

Dalam Dunia Bisnis Digital Optimasi sebuah Website menjadi salah satu hal penting yang tidak bisa di tinggalkan, karena akan sangat berpengaruh pada kinerja Web tersebut, Bisa dibayangkan, jika web yang kita kelola tidak Optimal, apalagi website itu sebagai alat penunjang Bisnis Anda.

Seprti biasa, sebelum kita bahas tentang Cara optimasi website wordpress, terlebih dahulu kita cari tahu apa itu website berbasis wordpres.

Apa itu Website wordpress?
Bagi para blogger pastinya mengenal apa itu WordPress. Platform ini memang terkenal mudah digunakan, sehingga tidak heran jika banyak yang menggunakannya.
Seringnya Mereka mnggunakan WordPress untuk keperluan membangun website pribadi, website perusahaan, website sekolah, hingga toko online dan Bisnis digital lainya.

Namun di balik kelebihan wordpress ada beberapa kekurangan yang harus menjadi perhatian khusus, tidak sedikit yang mengeluhkan bahwa website WordPress mereka tidak berjalan dengan optimal sehingga menurunkan kinerja web .
Dari itu pentingnya melakukan optimasi agar website bisa berjalan lebih cepat dan tidak mempengaruhi pengunjung pada website Anda.

Lalu bagaimana cara melakukan optimasi website WordPress? Yuk simak informasinya di bawah ini.

9 Tips dan Cara Optimasi Website WordPress

9 Tips dan Cara Optimasi Website WordPress untuk bisnis Anda

1. Memilih Layanan Hosting dengan Performa Tinggi

Kecepatan sebuah website bergantung pada layanan hosting yang kita gunakan. Semakin baik performa layanan hosting yang digunakan, semakin cepat pula kita dapat mengakses website tersebut, dari itu pengguna wordpress harus jeli memilih Layanan Hosting yang memiliki performa Tinggi.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat ingin memilih layanan hosting, antara lain:

✓Kredibilitas penyedia layanan hosting.

✓Kualitas server yang digunakan.

✓Teknologi server yang digunakan.

✓Resource setiap layanan.

✓Ulasan dari pengguna sebelumnya.

✓Kualitas pelayanan, dan lain sebagainya.

Jadikan Hal-hal di atas sebagai dasar untuk menentukan atau memilih layanan hosting untuk website kita.

2. Menggunakan Layanan WordPress Hosting

Setelah menentukan layanan penyedia hosting, setelahnya pilih paket hostingnya. Karena kita sedang berbicara terkait website berbasis WordPress, ada baiknya jika kita menggunakan WordPress Hosting. Hal ini disarankan karena WordPress Hosting sengaja dibuat untuk website berbasis WordPress terlebih yang memiliki resource atau kebutuhan besar.

3. Menentukan Lokasi Hosting

Penentuan lokasi hosting ternyata penting untuk website WordPress yang lebih optimal. Oleh karena itu jangan lupa sesuaikan lokasi hosting dengan target pengunjung website sehingga pengunjung tidak berat dalam mengakses website. Lokasi hosting yang tidak sesuai bisa menyebabkan pengunjung akan lebih lama dalam mengakses server website yang kita gunakan.

4. Lakukan Optimasi pada tema Website

Saat membuat website, kita tentu ingin website kita dikunjungi oleh banyak pengunjung bukan? Salah satu hal yang bisa menarik minat pengunjung adalah tema yang terpasang pada website kita. Namun, alih-alih mendapatkan banyak pengunjung, kita tidak menyadari bahwa tema yang menarik tersebut justru bisa mempengaruhi kecepatan website kita.

Tema dengan banyak fitur dan pilihan memang dapat mempermudah proses pengaturan layout tetapi kabar buruknya adalah server dan browser juga akan bekerja lebih keras. Oleh karena itu, kita bisa memilih tema dengan opsi yang lebih sedikit namun dapat membantu website agar loading lebih cepat.

5. Memonitor Plugin yang Digunakan

Saat memiliki website, kita pasti ingin menggunakan beragam plugin yang tersedia agar website berjalan lebih optimal. Namun, apakah benar kita membutuhkan plugin-plugin itu? Pasalnya penginstalan banyak plugin bisa menyebabkan resiko buruk bagi website kita.

Saat ingin menginstal plugin, pastikan bahwa plugin tersebut telah dioptimasi untuk versi WordPress. Kita juga wajib melakukan research terhadap plugin yang akan kita pasang sehingga bisa meminimalisir keterlambatan kerja pada website, jangan sampai asal instal plugin karena biaya untuk plugin juga terbilang lumayan mahal.
Kemudian Jangan lupa juga untuk selalu melakukan update terhadap plugin agar website tetap berjalan dengan optimal.

6. Lakukan Optimasi Widget

Dalam membuat website, usahakan untuk menggunakan widget yang tidak berat sehingga tidak mempengaruhi loading, jangan menggunakan widget berlebihan, Lakukan juga update widget untuk mendapatkan performa yang lebih baik.

7. Buat Sitemap dan Permalink

Langkah selanjutnya adalah membuat file sitemap.xml dan input (masukkan/daftarkan) file ini ke dalam Bing Mastertool atau Google Webmaster Tools, sehingga website Anda masuk ke dalam mesin pencarian. Kemudian, buat pula permalink yang SEO friendly, mengubah permalink tersebut sehingga menjadi url yang cantik dan disukai oleh search engine

8. Optimasi Gambar
Memasang Gambar pada Website merupakan hal yang penting karena dengan gambar juga mempengaruhi visitor pada website kita. Namun yang peelu di perhatikan dalam memasang gambar kita perlu melakukan optimasi pada gambar, jangan sampai dengan adanya gambar malah justru memperlambat loading pada web.

Baca : Langkah Untuk Mengatasi Update Algoritma Google yang berpngaruh pada Website Anda

Langkah yang bisa kita lakukan adalah dengan pengompresan gambar sebelum mengunggahnya untuk mengantisipasi ukuran yang terlalu besar pada gambar. Kita juga bisa memilih format gambar terbaik untuk digunakan dalam website. Beberapa format gambar lebih mudah untuk digunakan, sementara beberapa format lainnya memiliki ukuran yang lebih kecil. Sebagai contoh, SVGs memiliki ukuran file yang lebih sedikit, apalagi jika Anda optimasi untuk web dan kompresi dengan gZip.

9. Rutin Melakukan Maintenance WordPress

Untuk membuat website WordPress tetap optimal, jangan lupa untuk melakukan maintenance secara rutin. Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan agar WordPress tetap optimal, di antaranya:

• Update Plugin
Selalu lakukan update plugin WordPress yang digunakan.

• Revisi Postingan
Hapus revisi postingan lama yang berpotensi menambah penuh penyimpanan.

• Pantau setiap komentar yang masuk
Memfilter atau MengHapus komentar-komentar spam yang ada pada kolom komentar unggahan kita.

Baca juga : Cara Menjadi kaya dari internet

Demikian tadi 9 tips optimasi Website WordPress yang bisa dipraktikkan untuk membuat website WordPress dapat bekerja dengan lebih optimal.
Gunakan 8 Tips di atas untuk menjaga website WordPress selalu dalam performa baik, meningkatkan SEO WordPress website agar trafik semakin meluap.
Selamat mencoba, semoga bermanfaat.
Terimakasih telah berkunjung di Website Kami.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.